Pepes Ayam Saka

Pepes ayam saka, maksudnya sakahayang sakadaek, kalo kata orang Banten mah..hihihi, artinya semaunya, punten ya takut kalo kurang sopan.

Habis piknik, cape, tapi pingin makan enak, kalo di Indo ,mungkin udah kabur kali ke rumah makan favorit, berhubung disini semua serba sendiri, lagi lemezz juga tetep aja harus masak…hiks..hiks…

Akhirnya bongkar kardus deh nyari inspirasi olahan makanan dari bumbu instan…akhirnya….wuuus…terciptalah pepes ayam ini, gampang banget buatnya, dan rasanya suueegeeer rek, gurih asem manis dan sedikit pedas

  • Ayam cuci bersih seperti biasa direndam terlebih dahulu dng jeruk lemon dan garam cuci bersih kembali, simpan ayam dalam wadah baluri ayam dengan bumbu opor instan, tamnbahkan tomat iris, salam,sereh yg dipotong2, lengkuas, iris tipis, daun jeruk, bawang bombay iris, dan daun bawang, cabe rawit utuh  serta perasan air jeruk lemon.beri garam,gula penyedap jika suka
  • ( karena tidak ada daun) masukkan potongan ayam dalam aluminium poil  , dan sisipi dngn bumbu rempah pelengkap lainnya,  tutup,masukkan dalam kukusan.
  • kukus selama kurleb 40 menit, siap dinikmati

Tumis Ayam Bumbu Miso

pengen masak ayam yg beda, kepikiran punya bumbu miso, yg aku persepsikan sama dengan tauco,hihihi, akhirnya cemplung2 jadi deh tumis ayam ini, klo menurutku, rasanya emang dapet banget, legit….harum, malah kaya ayam bumbu sate….

  • Ayam cuci bersih rendam dalam perasan jeruk lemon dan garam kurleb 30 menit,setelah tu cuci kmbli, goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan
  • haluskan: bawang putih, bawang bombay, cabe merah, tumis dalam minyak panas sampai harum,tambahkan daun jeruk,salam,sereh, masukkan irisan tomat, beri kecap manis,saus tiram,dan bumbu miso, sekitar3 sdm,garam,gula,penyedap jika suka, aduk,tambahkan air, aduk lagi, biarkan bumbu mengental, masukkan ayam goreng aduk sampai terbalut bumbu
  • terakhir tambahkan irisan daun bawang,aduk kembali. Siap dihidangkan

Baqlava

Sekali disediain sama temen dari Mesir, langsung jatuh hati banget, kuenya enaaaak  bangeeeetz…iiihhh..dan gampang banget buatnya

Bahan:

  • 2 cup terigu
  • 2 sdm maizena
  • 1 cup air hangat
  • gula 2 sdm
  • garam 1/2 sdt
  • yeast 1 sdt

Bahan syrup: gula 1 cup muncung, dimasak dengan air 1 cup, beri vanila,dinginkan

Cara:

  1. Uleni semua bahan sampai kalis, biarkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat
  2. goreng adonan dalam minyak panas api sedang, dengan menggunakan sendok yg sebelumnya di celup di air
  3. dalam keadaan panas, rendam baqlava dalam syrup gula kurleb 30 detik(ini kata temenku lho ^_^)lalu angkat,siap dinikmati..

Udang Asem Maniez

Asem manies ini sebenernya sausnya bisa ditambahkan aneka sayuran sesuai selera kita, misal nanas, dan tambahan irisan bawang bombay yang dipotong melingkar, atau irisan mangga misalnya…

Bahan:

  • Udang kupas kulitnya cuci bersih
  • Tomat
  • saus tomat
  • Bawang bombay iris
  • Bawang putih cincang
  • Saus tiram sdkt azz optional
  • Merica
  • Jahe sdkt
  • Jeruk nipis peras ambil airnya, atau bisa juga pake cuka
  • Daun bawang dan wortel iris memanjang sebagai pelengkap
  • Tepung kanji cairkan dengan sedikit air, asal basah saja, tambahkan merica, dan garam
  • Garam,gula,penyedap
  • air, sckpnya

Cara:

  1. Masukkan udang dalam cairan kanji, aduk hingga terbalut rata, goreng hingga kuning kecoklatan
  2. untuk saosnya: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum tambahkan saus tiram, jahe, tomat aduk hingga tomat layu, masukkan saus tomat,tambahkan air,masukkan wortel, tambahkan garam,gula,penyedap jika suka, biarkan mendidih, saus mengental dan wortel layu, tambahkan air jeruk nipis/cuka
  3. MAsukkan udang aduk hingga terbalut bumbu, terakhir masukkan daun bawang

My way Fuyunghai

Fuyunghai sebenernya konon katanya pake irisan daging kepiting dalam adonan dadarnya, karena hai sendiri dalam bahasa china artinya kepiting, berhubung ini fuyunghai my way, sesuai bahan yang ada, dalamnya ga ada daging kepitingnya, kalo gitu namanya jadi apa ya….?

Bahan dadar:

  • Telur 4 butir
  • Irisan Ayam
  • Irisan Udang
  • Irisan kol dan daun bawang
  • Bawang putih haluskan
  • Merica, garam, penyedap jika suka

Bahan saus:

  • Bawang putih, bawang bombay, iris halus
  • Saus tomat
  • Cuka/air jeruk nipis
  • Garam,gula,penyedap,merica
  • Meizena/kanji sedikit sebagai pengental
  • Kacang polong, beruhubung ga ada jadi aku skip
  • Air

Cara:

  1. Untuk dadar: Campurkan semua bahan dar kocok, dadar dalam pan, tutup, biarkan sampai kuning kecoklatan bagian bawahnya, balik biarkan sampai matang
  2. Untuk Saus: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum, masukkan saus tomat, beri jeruk nipis dan air, tambahkan garam,gula,penyedap, masukkan kacang polong, biarkan mendidih dan kacang polong matang
  3. MAsukkan cairan meizena, aduk, siap dihidangkan

Mie Goreng

Karena keluarga besar aku langsung bikin 5 bungkus, pake mie soba kuning, sore2 mendung perut laper, tak adam t makanan pulak..pas buka kulkas, yatta…ada mie soba, langsung deh keidean bikin mie goreng….hmmm….nyummy..nyummy..

Bahan:

  • Mie Soba 5 bungkus seduh dngn air panas, aduk bersama kecap manis sampai terbalut rata
  • Udang 250 gr
  • Ayam 100 gr
  • Cikuwa 1 bungkus
  • Telur 2 buah orak arik
  • Kol 1/4 buah
  • Sesin 2 bgks
  • Daun bawang 3 btg
  • Bawang bumbay 1 buah iris
  • Bawang putih 5 siung haluskan
  • Tomat 1 buah iris
  • Merica, saus tiram, kecap asin, saus ikan,kecap manis, garam,gula,penyedap jika suka

Cara:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih, sampai harum, masukkan tomat,masukkan Merica, saus tiram, kecap asin, saus ikan,kecap manis, garam,gula,penyedap jika suka, masukkan ayam dan udang serta cikuwa. aduk2
  2. Masukkan mie, aduk sampai terbalut bumbu, baru masukkan sayurannya,aduk sampai layu, terakhir telur aduk lagi
  3. siap dihidangkan