Oseng Cumi Telur

Kalo di indo namanya Cumi telur, banyak dijual dalam keadaan sedah berbentuk asin dan kering, namanya ikan asin cumi telur, yang harganya lumayan nguras kantong, karena hampir sama dengan harga daging hihihi. Ternyata disini dijual dalam bentuk fresh, lansung deh keidean bikin oseng cumi…apalagi ini my favouriteku juga….

Pertama cumi dicuci bersih lalu digoreng sampai kering, tumis bawang putih dan bombay hingga harum, tambahkan tomat, dan cabe merah, kalo ada tambahkan cabe hijau, beri garam, gula dan penyedap jika suka, aduk rataberi sdkt air, masukkan cumi, biarkan bumbu meresap, angkat siap dinikmati

Cah kangkung

yippy, dapet kangkung euy di JA, alhamdulillah, dah kangen banget sama sayuran yang satu ini, langsung deh oseng2, sreng….sreng….sreng…bumbunya bawang merah, bawang putih diiris halus terus tumis sampe harum, tanbahkan tomat biarkan layu masukkan saus tiram dan miso, beri air sedikit aduk lagi, tambahkan garam, gula, cicipi rasanya, masukkan kangkung….aduk hingga layu, matikan kompor….hhhmmmm…siap dinikmati…maknyus…euy…makan bareng ayam suir, plus sambel terasi and lalab timun…

Soto Bandung

bumbunya sama seperti sop, tapi ditambah jahe, salam, sereh dan daun jeruk. pertama daging dimasak di panci presto, bersama air, salam, sereh dan daun jeruk, tambahkan garam,gula dan penyedap jika suka, masukkan tumisan bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan, tutup panci presto, masak kurleb 25 menit, biarkan uap menghilang, buka tutup pancimasak kembali bersama lobak

sajikan dengan pelengkap, daun bawang, kacang kedelai goreng dan jeruk nipis, serta sambel goang…hhhmmmm….sluuurrrp…

Bubur Kacang Hijau and Kacang Merah

masaknya pake panci presto, masukkan kacang hijau dan merah yang telah dicuci, tambahkan air, gula pasir,gula merah, sedikit garam, daun pandan, jahe, tutup panci presto masak dengan api sedang kurang lebih 20-25 menit, matikan kompor biarkan uap dalam panci menghilang, buka tutup panci, nyalakan kembali api, tambahkan santan, aduk hingga kental. air sesuai selera aja ya….dan jangan lupa cicipi rasanya…

Udang Tahu bumbu Miso

kalo di Ina mah pake tauco, berhubung disini tauco super mahal, dan misopun punya taste yang mirip, yo wis, disamain aja deh, bumbunya pake bawang putih, bawang bombay iris halus, tumis sampe harum masukkan tomat, aduk, masukkan miso/tauco, beri air secukupnya aduk kembali, beri sedikit kecap, masukkan udang,aduk hingga berubah warna, masukkan tahu yang sebelumnya digoreng terlebih dahulu. Tambahkan, garam, gula ,penyedap jika suka, aduk dan biarkan hingga bumbu meresap, tambahkan irisan cabe dan daunbawang, angkat, sajikan

Tahu Goreng Bumbu Petis

LAgi booming nih di Saijo, tahu yang kalo digoreng hasilnya kaya tahu sumedang, langsung deh nurutin, soalnya rasanya enak banget sih, tahu diselipin bumbu petis, idenya dapet dari mba wulan neh,…

cara bikin petisnya gampang bawang putih dan cabe rawit dihaluskan, terus ditumis, kalo sudah harum masukkan petisnya, tambahi terigu, atau tepung beras yang telah dicairkan dengan sedikit air, masak hingga bumbu mengental, jangan lupa tambahi garam, gula, dan cicipi rasanya.

belah tahu lalu selipkan bumbu petisnya, siap dinikmati…hhmmm…..sedaap

Soto Udang

Resepnya dapet dari blognya mba ricke bunda nadhifa, lumayan enak ternyata,…recomendedlah untuk fariasi menu masakan kita sehari-hari…berhubung ga ada emping, aku ganti krupuk, and lagi ga ada persediaan telur juga..

Soto Udang
by Ricke ‘Bunda Nadhifa’

Bahan:
500 gram udang ukuran sedang/besar (berat ini saya dapatkan dari udang tanpa kepala ya…), mau lebih banyak juga lebih mantap ^_^
1500 ml air
500 ml santan kental (saya bikin pakai 400 ml Kara+100 ml air)
1 1/2 sdm garam (atau sesuai selera)
2 sdt kaldu bubuk
2 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
10  butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
3 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
1 sdm ebi

Pelengkap:
Tauge, siangi dan rendam air panas sebentar saja
Daun bawang dan seledri, iris tipis
Tomat merah, belah atau potong-potong
Telur rebus, masingmasing belah 4 bagian
Kentang, digoreng, dipotong-potong
Emping goreng
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal merah
*Sesuaikan saja sesuai selera dan bahan yang ada ya 🙂

Cara membuat:
1. Cuci bersih udang, buang kepalanya, kerat punggungnya dan buang kotorannya.
2. Didihkan air. Masukkan santan kental. Kecilkan api.
3. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas  hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga mendidih.
4. Beri garam, kaldu bubuk, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan cicipi.
5. Sajikan soto bersama bahan pelengkapnya.

Selamat mencoba ^__^

Sup Kepiting Asem Pedas

Dapet kepiting murah yang sudah dalam berbentuk dagingnya aja, langsung deh googling cari resep sup kepiting, dan nemu resep ini, tapi lupa euy nama blognya apa….

Bahan – Bahan :
2 sdm minyak goreng
3 siung
bawang putih, cincang halus
½ buah bawang Bombay, cincang halus
2 ruas
jari jahe, memarkan
150 gr daging kepiting
1 ltr air
100 gr kacang
polong
1 buah tahu telur, iris 1 cm
3 buah jamur kuping segar,
potong-potong
50 gr jagung manis pipil
2 buah cabai keriting, iris
halus
1 sdt lada hitam bubuk
2 sdt kecap ikan
2 sdm maizena, larutkan
dengan 2 sdm air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm air jeruk
nipis
Garam secukupnya

Cara Memasak:
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang Bombay, jahe hingga harum.
Masukkan daging kepiting, masak hingga matang. Angkat.
didihkan air, beri
tumisan kepiting, kacang polong, tahu, jamur, jagung manis, cabai, lada hitam,
kecap ikan, garam. Masak hingga matang. Tambahkan daun bawang, air jeruk
nipis, aduk rata. Tuang larutan maizena, masak hingga mengental. Angkat,
sajikan.

Pepes Tahu

Cara membuat, haluskan tahu, tambahkan pelengkap sayuran seperti jagung manis pipilan dan daun bawang yang diiris halus, kalo aku nambahin ayam yg dipotong kecil2, serta tomat. Bumbunya bawang putih, bawang bombay yg dihaluskan, tambahkan merica, garam gula, dan penyedap jika suka, beri telur, dan minyak sedikit saja, aduk hingga rata, bungkus, dan kukus kurleb 30 menit…done