Mandarin Cotton Cake

Rasanya memang bener2 moiiiist..banget, kaya kapas,…lebih lembut dari lapis surabaya,..karena memang pemakaian telur yang jumlahnya lumayan dahsyat…^_^, resepnya dapet dari sitenya NCC…

  • Bahan A.:
  • 550 gr  putih telur
    350 gr  gula pasir
  • Bahan B.:
    15 btr   kuning telur
    3 btr     telur utuh
    220 gr  susu segar
    1 sdt     vanili
  • Bahan C.:
    220 gr  tepung terigu
    180 gr  mentega
  • Bahan D.:
    1 sdm   pasta coklat
    1 sdm   pasta mocca

Cara membuatnya:

  1. Siapkan  loyang ukuran 30x20x4cm, poles mentega dan alasi kertas roti, poles lagi.
  2. Kocok bahan A hingga kaku, sisihkan.
  3. Bahan B : panaskan susu , tidak boleh mendidih, masukkan telur, dan vanili aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan, jaga tetap hangat.
  4. Bahan C : lelehkan mentega, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk rata hingga menjadi adonan pasta.
  5. Satukan adonan B dan C, aduk rata, lalu beri sedikit demi sedikit adonan putih telur sambil diaduk hingga rata dan menjadi adonan ringan.
  6. Panggang dalam oven steam bake, suhu lk. 180’C selama 45 menit.

Soto Kambing

Dapet resepnya dari kumpulan resep soto nusantaranya primarasa

Bahan:

  • 1 kg kambing bertulang
  • air sckupnya
  •  2 batang serai
  • 3 lbr daun salam
  • 6 lbr daun jeruk
  • minyak goreng untuk menumis
  •  garam
  •  gula pasir
  • 3 butir kapulaga
  • 1 buah tomat iris-iris
  • bawang goreng

Bumbu halus:

  • cabe merah
  • 1 buah bawang bombay
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 1/2 sdt jintan sangrai
  • 1 sdt merica
  • 1 ruas kunyit

Cara:

  1. Tumis bumbu halus bersama salam, serai, daun jeruk dan kapulaga, sampai harum
  2. Masukkan dasing kambing, aduk hingga berubah warna, tambahkan air, garam gula, tutup panci dan masak terus sampai daging empuk.
  3. setelah matikan matikan kompor masukkan irisan tomat, hidangkan dengan taburan bawang goreng,…hmmm,..slurrppp,..siap dinikmati…

 

nah soto kambing ini pas sekali dimakan dengan nasi lemak

Soto Ayam Santan

Bumbunya hampir sama dengan soto ayam lamongan, tapi ini tak memakai perlengkapan sayuran yang macam2,..simple saja, hanya ditambahkan santan pada kuahnya,..sebagaimana masakan bersantan selalu gurih, dan memukau yaaa…plus kaya kolesterol,..hehehh..

Bahan:

  • Bawang bombay 1 buah ukuran sedang atau bisa mengunakan bawang merah
  • Bawang putih 7 siung
  • Ketumbar 1 sdm,..sangrai,
  • Kunyit 1 ruas
  • Jahe
  • Merica
  • Kemiri sangrai
  • minyak untuk menumis

Semua bumbu diatas dihaluskan

  • Lengkuas,.geprek
  • Salam, serai, daun jeruk
  • Santan kental 500 ml
  • Ayam 1 kg, paling enak menggunakan ayam kampung
  • Garam, gula, penyedap jika suka

Plengkap:

  • sambal
  • Jeruk nipis
  • Bawang putih goreng
  • Daun bawang seledri jika ada
  1. Rebus ayam dalam air hingga empuk, sementara itu tumis bumbu halus dan rempah lainnya hingga harum, sisihkan
  2. jika ayam sudah empuk angkat dan suwir2, hasil suwirannya masukkan kembali kedalam air rebusan.
  3. masukkan bumbu tumisan kedalam air rebusan ayam, masukkan santan, biarkan mndidih sambil diaduk2 terus, beri garam, gula, dan penyedap jika suka.  sesuaikan rasa.
  4. matikan kompor, siap dihidangkan dengan pelengkapnya…

Cake marble pisang

 

 

cakenya lumayan moist,..dan legit,..resepnya dapet dari site sajian sedap
Bahan-bahan:
300 gram margarin
250 gram gula pasir
6 butir telur
150 gram pisang ambon, dihaluskan
275 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
1 sendok teh moka pasta

 

 

Cara Pengolahan :

  1. Panaskan oven 190 derajat Celsius. Kocok margarin dan gula sampai lembut.
  2. Tambahkan pisang, kocok rata. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung sambil dikocok rata.
  3. Tambahkan sisa tepung dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk.
  4. Ambil 300 gram adonan. Tambahkan moka pasta. Aduk rata.
  5. Tuang adonan pisang ke loyang tulban bergantian dengan yang moka di beberapa tempat. Gurat dengan garpu. Oven 45 menit.

Oreg Tempe plus Teri..

kalo di Ina,..ini merupakan makanan yang merakyat dan harganya mudah terjangkau, tapi kalo di jepun,..tempe harganya menyamai daging,..^_^ Pas dijadikan teman laknya nasi uduk, apalagi kalo pake sambel terasi plus lalap timun,..hmmm…ditambah taburan kacang tanah goreng, dan bawang plus cabe goreng tambah memeriahkan rasanya

Bahan:

  • Tempe 2 pack, iris kecil, lalu goreng, hingga kering, kuning kecoklatan
  • Ikan teri 250 gr goreng sebentar, karena kalo kelamaan rasanya akan pahit
  • Bawang putih 7 siung
  • Bawang bombay 1/2 buah ukuran besar
  • Ketumbar 1 sdm
  • Merica 1 sdt
  • Jahe, lengkuas, salam, sereh di geprek
  • Air asem jawa
  • kecap
  • Garam, gula merah, dan penyedap

Cara:

  1. Haluskan b putih, b bombay, ketumbar, merica, lalu tumis bersama salam sereh, jahe dan lengkuas hingga harum,
  2. Masukkan kecap, garam gula, dan penyedap,..lalu masukkan air asem jawa, sesuaikan rasa
  3. Masukkan goreng tempe dan teri, aduk rata, hingga permukaan terbalut bumbu..^_^
  4. Siap dihidangkan

Ikan bakar Siram sambel terasi

Jadi menu buka bersama KMIH, kareena kepincut sama rasanya, dan bikin makan jadi pingin nambah,..langsung deh nagih resep sama si empunya resep,..ngolah ikannya dapet tips dari sang ibu ketupis (ketua pengajian ibu2 saijyo),yang asli pontianak, dan resepnya dapet dari mba dini,..yang selain pintar masak juga jago nari,…^_^, resepnya langsung copy paste nih dari sang empunya resep..

Bahan:

  • 9 siung bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 tomat besar
  • 13 cabe rawit besar
  • 3 cm kurleb trasi bakar
  • 1 gula merah iris halus
  • Kacang panjang sesuai selera iris kecil…..
  • Garam secukupnya

Cara:

Bawang merah,bwg putih,tomat n cabe direbus
Kemudian dicampur semua diuleg or blender kemudian goreng matikan kompor taruh kacang panjang halus kan…
Kemudian taruh Diatas lauk or bisa ditaruh ditempat sambal Dan siap disantap….sambal ini bs bertahan lama kok bisa disimpan dikulkas….selamat mencoba ibu2 n mbk2…;)

 

kalo untuk tips ngolah ikannya,.pertama ikan disiangi dan dicuci bersih lalu dilumuri dengan bawang putih dan jahe yang dihaluskan, dan diberi sedikit garam, diamkan kurleb 15 menit, lalu kukus,..setelah matang bakar, dengan diolesi campuran kecap dan minyak,..atau boleh juga mentega…

Selamat mencoba…^_^

Cake Marble Pisang Kukus

    cakenya  enaaak,..lembut,..dan harum mokanya bikin cake ini jadi tambah legit,..resepnya dapet dari sitenya kak ros jintan manis , asal malaysia,..

Bahan-Bahannya
2 1/2 cawan tepung gandum ( di ayak bersama soda bikarbonat dan baking powder)
2 sudu kecil baking powder
1 sudu kecil soda bikarbonat
3 biji telur
1/2 cawan minyak masak ( atau butter yang dicairkan)
3/4 cawan gula
5 biji pisang yang sudah ranum dilecek dengan secubit garam (3/4 cawan)
1/2 cawan susu soya ( nak guna susu segar atau santan pun boleh)
beberapa titik esen vanila
4 sudu besar serbuk koko atau 1 sudu besar coklat emulco ( untuk lapisan coklat)/krn ga ada aku pakai essen moca

Cara-caranya

1. Lecek pisang bersama secubit garam hingga hancur, selepas itu dengan menggunakan mixer, pukul telur hingga berbuih dan masukkan gula, pukul lagi sehingga betul-betul kembang.

2. Kemudian masukkan pisang yang telah dilecek tadi, minyak masak dan esen vanila, pukul lagi, selepas itu masukkan tepung sedikit demi sedikit diselang seli dengan susu soya, kacau sebati.

3. Bahagi adunan kepada 2 bahagian, satu bahagian di masukkan dengan 4 sudu besar serbuk koko dan kacau sebati.

4. Panaskan kukusan, pastikan acuan silicon di sapu dahulu dengan sedikit marjerin, sendukkan adunan apam pisang coklat berselang seli dengan adunan asal dan pastikan adunan 3/4 acuan untuk memastikan apam pisang naik cantik apabila siap dikukus nanti. Kukus selama 40 minit hingga 1 jam dengan menggunakan api sederhana. Selamat Mengukus. : )