Baso Tahu

Baso tahu namanya,…kalo kata ibu2 PIS,…mirip dengan siomay atau kalo digoreng bisa jadi batagor deh…^_^, enak dimakan dengan sambal kacang, atau saos sambel,..atau juga dengan air cuko..

Bahan:

  • 1 kg ayam ( bisa juga dicampur dengan udang, dgn perbandingan sesuai selera,..misal udang 250 gr, ayam 750 gr)minced
  • Tepung kanji 125 gr
  • Bawang putih lumatkan
  • Merica 1 sdm
  • Garam, gula,
  • Minyak wijen 1 sdm
  • Telur 1 butir
  • wortel parut memanjang
  • Daun bawang dan seledri iris halus
  • kulit tahu, sesuai kebutuhan

Cara:

  1. Ayam yang sudah dihaluskan dicampur dengan garam, gula, bawang putih, merica, minyak wijen dan telur, lalu aduk hingga rata
  2. Masukkan tepung kanji, aduk lagi
  3. Masukkan bahan sayuran aduk hingga rata, siap dimasukkan dalam kulit tahu
  4. kukus, selama kurang lebih 15 menit, bila sudah matang goreng sebentar dalam minyak panas (bisa juga langsung dimakan tanpa digoreng)
  5. Siap dinikmati dengan aneka sambal cocolan

Pisang Molen

Walaupun agak sedikit berabe bikinnya, tapi berhubung cemilan ini enyaaak,…jadi ya tetep deh mau aja tuh dengan setia, melintirin kulit adonan  tepungnya ke body pisang….^_^, resepnya beraneka macam, tapi aku coba pake rsep yang ini,  dan hasilnya lumayan…resepnya diambil dari sitenya resep masakan indonesia..

Bahan Pisang Molen :

  •  pisang raja/tanduk krn ga ada aku ganti pisang cavendis
  • minyak untuk menggoreng

Kulit Pisang Molen :

  • 350 g tepung terigu
  • 50 g gula halus
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 125 g margarin
  • 75 ml air

Cara membuat Pisang Molen :

  1. Belah pisang jadi dua lalu potong melintang sesuai selera. Sisihkan.
  2. Kulit : Campur semua bahan kering menjadi satu. Aduk rata.
  3. Tambahkan margarin, aduk-aduk dengan ujung jari hingga berbutir kecil-kecil.
  4. Tuangi air sedikit-sedikit sambil aduk dengan sendok kayu hingga menjadi adonan yang kalis.
  5. Gilas adonan hingga tipis hingga setebal 2,5 mm, atau menggunakan alat penggiling pasta
  6. Potong-potong adonan selebar 3 cm sehingga menjadi bentuk pita panjang.
  7. Lilitkan pada tiap potong pisang hingga pisang tertutup adonan.
  8. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan

French Toast Karamel

Gara-gara 2 bumil cerita tentang french toast karamel yang disuguhkan sebagai ta’jil buka bersama di masjid, dan katanya enak banget,..langsung deh niat nyoba,..soalnya kebayang-bayang rasa dan bentuknya, maklum ga kebagian,…huhuhu,..

Karena kebetulan juga di rumah sedang ada persediaan roti tawar, jadi deh keinginan langsung bisa terealisasi,..surfing resep di internet,..akhirnya dengan modifikasi sesuai bahan yang ada,..jadi deh frenctoast karamel ini….

Bahan:

  • 1 slice roti tawar ukuran tebal
  • susu cair sedikit kira2 15 ml
  • Butter/margarin 1 sdm
  • gula 3 sdm penuh
  • telur 1 dan susu sckpnya dikocok untuk balutan roti sebelum dipanggang

Untuk Saus Peach:

  • gula 1sdm penuh
  • susu fresh 2 sdm
  • buah peach 1/2 ukuran kecil potong dadu
  • 30 ml krim kental dikocok sampai kaku
  • kismis sckpnya

panaskan gula diatas kompor dalam wajan biarkan mencair dan berwarna kuning kecoklatan masukkan susu lalu potongan peach biarkan mendidih langsung matikan kompor, biarkan agak hangat , masukkan krim yg telah dikocok, taburi kismis

Cara membuat french toast:

  1. Toast yg telah direndam dalam kocokan telur dan gula, dipanggang dalam wajan dengan api kecil, ketika satu bagian sudah berwarna kuning kecoklatan balik dan lakukan hal yg sama pada sisi satunya,sisihkan
  2. Didihkan gula bersama margarin dalam wajan sampai meleleh membentuk karamel,lalu masukkan susu biarkan mendidih, balurkan kepermukaan toast yang telah dipanggang
  3. sajikan dalam piring, siram dengan saus peach, siap dinikmati….

Lumpia

paling enak dimakan dengan cocolan sambal kacang, tapi kalaupun ga ada dimakan begitu saja juga sudah enak…

kalo lumpia semarang isiannya pake tumisan rebung,..karena ini bukan lumpia semarang, isiannya aku ganti dengan tumisan campuran dari bihun, wortel, kntang dan cincangan daging ayam,..terus disisipi potongan telur rebus

Untuk kulit dapet dari blognya keluarga djatmiko…

TIP: 
1. Bila ingin kulit yang tipis, cukup oleskan adonan sekali saja pada wajan.
2. Bila ingin kulit yang agak tebal, oleskan kuas berkali-kali di dalam wajan.
3. Hasil yang tipis akan liat setelah dingin. Kulit yang agak tebal, lebih bertahan kerenyahannya.
4. Bila Anda tak punya kuas, gunakan gumpalan kaos. Celupkan gumpalan kaos dalam adonan lalu sapukan di wajan. Wajan hanya perlu sekali diberi minyak.

BAHAN : 

200 ml air
1 1/2 sendok teh garam
200 gram tepung terigu Cakra/protein tinggi
150 ml putih telur
minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Campur air dengan garam sampai rata dan larut.
2. Dalam wadah lain, campur tepung bersama putih telur sambil sesekali ditambahkan air supaya tidak menggumpal. Penambahan air tidak boleh sekaligus (cukup 75 ml). Uleni sampai kalis dan elastis. Waktu pengulenan kira-kira 20 menit.
3. Tuangkan semua air lalu kocok dengan tangan selama 20 menit.
4. Diamkan adonan 30 menit.
5. Siapkan wajan teflon. Olesi minyak goreng tipis-tipis. Celupkan kuas yang agak lebar pada adonan lalu olesi pada wajan. Biarkan hingga bagian pinggir terkelupas, lepaskan kulitnya.

Untuk 30 lembar

Cireng

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan:

  • Kanji 400 gr
  • Ayam 250 gr
  • Terigu protein sedang 225 gr
  • Air panas mendidih sckpnya
  • Daun bawang iris halus
  • Merica bubuk sckpnya
  • bawang putih halus
  • Garam, dan penyedap jika suka
  • Keju parut

Cara:

  1. Campur semua bahan kecuali keju, campurkan air mendidih, aduk adonan hingga kalis
  2. Pipihkan, isi sesuai selera, kali ini dengan keju, pilin seperti bentuk pastel atau sesuai dengan selera
  3. goreng dalam minyak api kecil, biar matang hingga kedalam..
  4. Selamat mencoba dan menikmati.

 

Kue Sus

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan:

  1. 200 cc susu cair (evapored)
  2. 100 gram margarine
  3. 125 gram terigu
  4. 4 butir telur
  5. ½ sendok the garam

Isi:

  1. 200 cc susu cair (evaporet)
  2. 4 sendok makan gula pasir
  3. 3 sendok makan  maizena
  4. 2 kuning telur
  5. Sedikit rum

Cara Membuat Resep Kue Sus:

  1. Panaskan margarine dan susu sampai margarine mencair, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu sampai rata. Masiukkan telur satu persatu sambil diaduk terus dengan sendok kayu dan terakhir tambahkan garam.
  2. Dengan dua buah sendok ambil adonan sebesar bola pimpong dan susun di loyang yang telah di beri margarine dan taburan tepung berjarak 2 cm satu sama lainnya. Panggang dalam oven dengan suhu 1750 C selama 15 menit
  3. Setelah matang cepat pindahkan kae loyang dingin
  4. Campur semua adonan di dalam panci, masak dengan api kecil sambil diaduk terus
  5. Setelah mendidih langsung matikan api dan angkat lalu aduk terus sampai dingin

Catatan:

  1. Cara-cara ini untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Memanggang dengan panas yang kurang akan menghasilkan sus yang tidak mengembang. Pakai bahan air akan menjadi sus kering dan kaku, kalau pakai susu akan menghasilkan sus yang lembut dan enak.
  2. Adonan isi harus diaduk sampai dingin kalau tidak akan menghasilkan fla yang keras

Martabak Telur

Bahan kulit:

  • Terigu protein tinggi 350 gr
  • air 220-250ml
  • garam 1sdt
  • minyak 50 ml

Bahan Isian:  Irisan daun bawang dan bawang bombay, serta tumisan daging. bisa daging ayam atau sapi, sesuai selera, masukkan dalam kocokan telur.kalo martabak mesir biasanya pake daging kambing. beri bumbu sesuai selera, bisa pake tambahan bumbu kare instan, garam dan penyedap jika suka.

Cara:

Terigu,air, garam, diaduk hingga rata tercampur, masukkan minyak, aduk hingga kalis, diamkan adonan, kurang lebih 15-30 menit. siap dipipihkan melebar

Letakkan, adonan yang telah pipih, diatas wajan yang telah dipanaskan, dengan minyak yang banyak, masukkan campuran adonan telur, tutup sisi2 kulit martabak, goreng hingga kuning kecoklatan, sambil dibanjuri dengan minyak bagian atas adonan…itu loh, sama persis seperti yg dilakukan babang2 tukang martabak…^_^,….selamat mencobaaaaaa…