New york Chees cake

Resepnya dapet dari tetangga apato bawahku, enak simpel buatnya tapi spektakuler rasanya, anak2 and si abi sukaaaa bngt, karn aku pake microwave oven yg cuma ada api atas azz, permukaan cakenya jadi terlalu browning dech, sebenernya kalo bagian atas cake pengen tetep kuning emas, bagian atasnya bisa ditutupi dngn aluminium foil, but walau penampilannya kurang ok…rasanya tetep ok kok 🙂

O,ya dalam proses pencampuran bahan aku lebih senang pake food processor, tp kalo ga ada bisa pake mixer atau blender, ya…

Bahan:

Untuk alas: 120 gr biskuit plain dan margarin 75 gr

  • Cream chees 400 gr
  • Maizena/bisa juga terigu 15 gr
  • Telur 2
  • Kuning telur 1
  • Gula 125 gr
  • Sour cream/yogurt

Cara:

  1. Untuk alas remas2 biskuit lalu campur dengan margarin yg dicairkan aduk sampai menyatu
  2. Alasi loyang dengan mentega dan aluminium foil, aluminiumnya agak lebar ya…biar ada sisa yang keluar dari loyang supaya mudah mengangkat cake jika sudah matang.
  3. Biskuit yang telah dihancurkan tadi ratakan diatas loyang tekan2 sampai padat
  4. Lanjut dngn bahan cakenya, aduk di food processor dngan mencampur bahan satu persatu, cream chees,aduk,msukkan gula dan tepung,aduk masukkan yogurt,aduk,masukkan telur aduk sampai rata
  5. Tuangkan dalam loyang yang telah dialasi biskuit
  6. Panggang secara au bain marri, dngn meletakkan loyang diatas loyang yang diisi air,sampai matang dngn suhu 170 derajat C

Opor Ayam

Kalo lagi males masak beraneka macam, tapi tetep memenuhi gizi harian, aku suka masukin sayuran seperti kentang wortel atau buncis plus tahu goreng kedalamnya, so dibikin sesuai selera aja 🙂

Bahan:

  • Ayam 1 kg
  • air 1500 ml
  • Santan kental 500 ml
  • Salam 3 lbr
  • Sereh 2 btg
  • Cengkeh 3 buah
  • Daun jeruk 5 lbr
  • Jahe 1 ruas geprek
  • Lengkuas 1 ruas geprek
  • Garam, gula, penyedap
  • Minyak u menumis

Bumbu Halus:

  • Merica 1 sdt
  • Ketumbar 1 sdt
  • Bawang putih 1 bonggol
  • Bawang Merah 7 buah
  • Kencur 1 ruas
  • Jinten sejumput
  • Kemiri 9 butir

Cara:

  1. Panaskan minyak tumis bumbu halus bersama salam, sereh,daun jeruk,  jahe, lengkuas, cengkeh sampai harum.
  2. Masukkan ayam,aduk sampai berubah warna, tambahkan air
  3. Biarkan mendidih,dan masukkan garam,gula,serta bumbu penyedap
  4. Terakhir masukkan santan kental, biarkan mendidih sambil diaduk dan sedikit mengental, cicipi.matikan api, siap dihidangkan.

My way Tiramisu

Bahan:

  • Whipe cream 400 ml
  • Cream chees 2oo gr
  • sponge cake stok toko/ladys finger
  • Air kopi instan 250 ml
  • Puding karamel stok toko 2 cup Optional

Cara:

  1. Kocok whiped cream dan cream chees sampai kental
  2. Masukkan puding karamel, kocok sebentar masukkan 3 sdm air kopi aduk lagi
  3. Susun sponge cake yang telah diiris/ladys finger, celupkan ke air kopi, lapisi dngn cream kocok
  4. Susun sponge cake yg telah diolesi kopi lagi dan taburi krim kocok terakhir taburi coklat bubuk
  5. Siap dinikmati

Salad Buah

Salad buah ini rasanya seger banget, apalagi kalo dimakan dingin2, and buatnya juga gampang banget, makanya Lubna seneng banget sama menu yang satu ini, and dia selalu bikin sendiri lho ^_^

Bahan:

  • Pisang
  • Apel
  • Jeruk
  • Buah2an lain sesukanya
  • yogurt plain
  • susu kental manis

Cara:

  1. Potong buah sesuai selera
  2. Campur yogurt dngn susu kental manis
  3. masukkan potongan buah kedlam campuran yogurt

Oseng Tempe Buncis

sebenernya sih enaknya pake kacang panjang, berhubung kacang panjang disini termasuk barang langka, yo wis ganti buncis azz deh..^_^

Bahan:

  • Tempe 250 gr iris kecil
  • Buncis sckpnya iris memanjang
  • Bawang bombay 1 buah u kecil
  • Bawang putih 5 siung
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Daun salam 3 lembar
  • Cabe merah 3 buah iris
  • Saos tiram 2 sdm
  • Kecap manis 1 sdm
  • Kecap ikan 1 sdm
  • Saos tomat 1 sdm
  • Air 500 ml
  • Garam, gula, penyedap
  • Minyak u menumis

Cara:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum,masukkan daun salam dan daun jeruk
  2. masukkan saus tiram, saus tomat, kecap manis, saus ikan
  3. Masukkan tempe,aduk,sampai tempe agak matang
  4. masukkan air, beri garam,gula,dan penyedap,aduk,biarkan sampai bumbu meresap
  5. Masukkan buncis,aduk biarkan matang, tambahkan irisan cabe merah,aduk, matikan api

Gulai Kepala Ikan Kakap

Nah kalo yang ini favnya si Abi, serasa makan gulai kepala ikan di RM ranah minang katonyo….:-)

Bahan:

  • Kepala ikan kakap 500 gr
  • Santan sedang 500 ml
  • Salam 3 lmbr
  • Daun jeruk 3 lmbr
  • Sereh 1 batang
  • Kapulaga 5 buah
  • cengkeh 3 buah
  • Minyak u menumis
  • Garam 1 sdt
  • Gula 2 sdm
  • Penyedap 1/2 sdt

Bumbu halus:

  • Cabe merah 5 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Kemiri 7 butir
  • Kunyit satu batang

Bumbu perendam

  • air jeruk nipis
  • Garam

Cara:

  1. Rendam kepala ikan dengan air jeruk nipis dan garam diamkan 30 menit
  2. Tumis bumbu halus beserta salam, sereh, daun jeruk, cengkeh,dan kapulaga sampai harum
  3. Masukkan santan, tambahkan garam, gula, penyedap, biarkan mendidih, masukkan kepala ikan
  4. biarkan sampai bumbu meresap dan kuah mengental

Pizza

"Pizza Yummy"

Pizza ini merupakan menu faforit keluarga, yang bikin ketagihan adalah saus daging ayamnya yg berasa super yummy banget di lidah…hhhmm…pokoknya kalo dah nyobain ga cukup cuma sepotong, pasti terus..dan terus..dan teruss…^_^

Bahan Dough:

  • Terigu protein tinggi 250 gr
  • Terigu protein sedang 250 gr
  • Susu fresh, hangatkan 300ml
  • Minyak 100 ml
  • Ragi instan/fermipan 2 sdt
  • Baking powder
  • Gula 3 sdm
  • Garam 1 sdt

Cara:

  1. Campur terigu, ragi instan, gula, aduk, masukkan baking powder,aduk, masukkan susu hangat aduk sampai tercampur rata dan membentuk gumpalan dan menyatu, tambahkan minyak aduk, tambah kan garam aduk lagi sampai kalis.
  2. Diamkan 1 jam, sampai mengembang

Topping meat saus yag dibuat dari:

  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 7 siung
  • Merica bubuk
  • Ayam 250 gr
  • saus tomat atau pure tomat
  • Oregano
  • garam, gula dan penyedap sckpnya
  • air sckpnyaaduk, masukkan air, biarkan mendidih sampai kuah mengental
  • masukkan oregano, aduk,siap digunakan

Cara:

  • Tumis bawang putih dan bombay sampai harum, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna
  • masukkan merica aduk, masukkan saus tomat aduk
  • masukkan air, biarkan mendidih sampai kuah mengental
  • masukkan oregano, aduk,siap digunakan.

topping sayuran bisa menggunakan sesuai selera mis; jamur kancing, jagung pipilan, bawang bombay, atau brokoli dan sosis. dan keju mozarella

  • Bentuk dough sesuai selera dalam loyang, tusuk2 dngn garpu,
  • oleskan meat saus, taburi dngn topping sayuran, terakhir, taburi keju mozarella
  • Oven selama 25 menit dngn suhu 180 derajat
  • Siap dimakan…hhmmm….nyam..nyam…