Black forest kukus

Dari sekian banyak resep black forest hasil googling, dari yg njelimet sampai yg sederhana,jatuhlah pilihanku pada resep yg satu ini, ga terlalu rumit,tp klo dilihat dr komposisi bahannya,sprtinya hasil cakenya enak dan moist,dan ternyata..hhmm..emang yummy…

Selain penasaran pngen nyoba BF kukus, sebenernya alasan yg paling urgent adalah krn oven drmh sempet rusak,…tp sekarang alhamdulilah ovent sudah siap digunakan kembali…lupa siteny apa…tp banyak sekali yg pke resep ini…apapun itu….terimakasih banyak yg udah posting resep ini…semog dapat kebaikan…dari jalan yang tidak disangka2…amiin…

Bahan :

  • 8 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 125 gr gula pasir
  • 75 gr tepung terigu protein sedang
  • 40 gr coklat bubuk
  • 15 gr susu bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 50 ml susu cair
  • 75 gr margarin, lelehkan
  • 50 gr DCC, potong – potong
  • ½ sdt coklat pasta

Bahan Isi :

  • 30 ml susu cair
  • 15 gr mentega tawar
  • 100 gr DCC, potong – potong

Hiasan :

  • 200 ml whiped cream plus gula 2 sdm,dikocok sampai kaku
  • 150 gr serutan coklat,dan pagar coklat

Cara Membuat :

  • Panaskan susu cair, tambahkan margarin leleh dan potongan DCC. Aduk sampai coklat larut, sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan coklat bubuk, baking powder, tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  • Masukkan campuran susu cair dan coklat pasta sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  • Tuang ke loyang 20x20x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti bagian alasnya saja.
  • Kukus 20 menit sampai matang dengan api sedang.
  • cIsi : panaskan susu cair. Tambahkan mentega tawar dan potongan DCC. Aduk sampai coklat larut. Biarkan hangat.
  • Belah 2 menjadi 2 bagian. Oles salah satunya dengan isi. Tutup dengan kue yang lain. Biarkan dingin.
  • Oles cream kocok. Hias dengan serutan coklat.

Bakpaw Jadi-jadian

Lagi pengen banget makan bakpaw, ya udah deh adonan donatnya nekat aku jadiin bakpaw, tapi lumayan enak, empuk dan mengembang juga

Berharap banget dapet tepung tang mien, biar bisa ngerasain bakpaw beneran bukan jadi2an hehehe..

Sebenernya bikin donat juga tapi ga sempet didokumentasiin…

Bahan:

  • Terigu gluten tinggi 250 gr
  • Terigu gluten sedang 150
  • Kentang 2 buah uk sedang rebus haluskan
  • Susu fresh 150 ml hangatkan
  • Margarin 2 sdm
  • Gula 3 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • yeast 2 sdt
  • Kuning telur 2 buah
  • Garam 1 sdt

Cara:

  1. Campur terigu,bersama gula,margarin,susu fresh, bak powder,kentang,telur,aduk sebentar,masukkan yeast, uleni sampai agak kalis,tambahkan garam,uleni lagi sampai bener2 kalis,diamkan di tempat hangat, sampai mengembang,kurleb 1 jam
  2. Siap dibentuk, klo mau bikin bakpaw bisa diisi sesuai selera, mis,meisis,tumisan daging dll,kukus 10 menit
  3. klo mau bikin donat,bentuk juga sesuai selera…taburi dngn meisis atau balut dngn gula halus

Sop Buntut

 

 

HHMm…ini juga merupakan makanan kegemaran keluargaku..sampai2 sikecil asya..kalo udah makan pake sop buntut sekali makan dagingnya bisa habis 2 potong…hmm..alhamdulillah

Oya aku pakai cara masak yang menggunakan panci presto, soalnya cepet matang dan bisa cepet dimakan..hehehe..

Bahan:

  • Buntut sapi frozen 1 kg
  • Wortel
  • Kentang
  • Bawang bombay 1 buah ukuran besar iris halus
  • Bawang putih 7 siung
  • salam,sereh daun jeruk
  • Kapulaga 7 butir
  • Kayu manis sepotong kecil
  • pala bubuk 1 sdt
  • Cengkih 7 butir
  • jinten sejumput
  • Merica bubuk 1 sdm
  • Tomat 1 buah iris
  • Daun bawang
  • Air 2500 ltr
  • Garam,gula, penyedap

Cara:

  1. Masukkan buntut dalam panci presto bersama air secukupnya, hanya sampai batas daging terendam, salam,sereh,daun jeruk,cengkeh,kapulaga,jinten,kayu manis,bubuk pala,tomat,garam,gula,penyedap,tutup, masak dengan api sedang selama 30 menit
  2. setelah panci siap dibuka, tambahkan air lagi, sambil terus dimasak
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  4. masukkan dalam air rebusan,biarkan mendidih,tambahkan merica,masukkan daun bawang, matikan api,siap dihidangkan

Tom Yum Koe

Resepnya ditambahin saus tomat dan saus sambal botolan, ternyata memang nambah citarasa tomyum jadi lebih lezat…kalo menurutku….

sebenernya lebih khas citarasanya kalo ditambah daun ketumbar, karena ga nemu yo wis skip aja deh,…

Bahan:

  • Udang 250 gr buang kulit dan belah punggungnya
  • Cumi 250 grpotong2
  • Fillet ikan 250 gr
  • Jamur sckpnya
  • Daun bawang 3 batang
  • Tomat 1 buah uk besar
  • saus Tomat 3 sdm
  • Saus sambal 3 sdm
  • saus ikan 7 sdm
  • Salam 3 lbr,daun jeruk 5 lbr, sereh 1 batang
  • Jeruk lemon 2 buah ambil airnya
  • Garam,gula penyedap bila suka
  • Air 2 liter
  • Kaldu bubuk 1 bks kecil rasa seafood (krn ga ada aku pake kaldu sapi)

Bumbu halus:

  • Cabe merah 7 buah buang biji
  • Bawang putih 7 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Terasi bakar 1 bks kecil
  • Bawang bombay iris halus

Cara:

  1. Jerang air bersama kaldu bubuk, salam,sereh,daun jeruk, biarkan mendidih
  2. Masukkan cumi,udang dan ikan filet,masak sampai empuk
  3. Tumis bumbu halus,sampai harum,setelah itu masukkan dalam air rebusan, tambahkan saus ikan,saus tomat,dan saus sambal, beri garam,gula dan penyedap,tambahkan air perasan lemon ,masukkan daun bawang,tomat,daun ketumbar jika ada, matikan api,siap dihidangkan.

Sambel Goreng Telur Ceplok

menu…murah meriah nih..buatnya gampang dan cepaatt…

Bahan:

  • Telur ,ceplok dalam minyak panas, sampai kuning kecoklatan
  • Cabe merah
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Daun jeruk,salam,sereh

Cara: haluskan semua bumbu,tumis dalam minyak panas bersama salam sereh dan daun jeruk,sampai harum,berisedikit air,masukkan telur2 yg sdh diceplok..aduk,siap dihidangkan…mudahkaan..

Roti Gulung Isi Sosis

Waktu ada acara undokai di sekolah Lubna, aku bawa 2 makanan ini sebagai bento buat iseng2 ngemil selama acara berlangsung,bikinnya gampang banget,resepnya juga simpel, cma memberdayakan roti tawar yang digiling tipis,terus disisipi sosis,gulung, gulingkan dalam kocokan telur yg sudah diberi bawangputih halus dan merica bubuk serta garam dan penyedap, gulingkan lagi diatas tepung panir, goreng hingga kecoklatan, potong2 deh, o ya sebenernya bagus didiemin sebentar di kulkas sebelum digoreng, supaya tepung panir menempel…

Sedangkan saus cocolannya, aku buat dari campuran mayonaise dan saus sambal,yg diberi susu kental manis putih…yupp…bento siap dibawa…

Udon Kuah Bumbu Rendang

Ada sisa kuah bumbu rendang, bekas ungkep ayam,daripada dibuang, ahirnya aku jadikan kuah udon, lumayan enak klo menurutku…demi memanfaatkan bahan yg masih berdaya guna…hehe, kasih telur ceplok,sama irisan ketimun, terus taburi…ikan kering…slluuurrrpp….hhhmmmmm..suger rek…o ya di kasih saus tabasco,jd tambah lebih suegeer..alhamdulillah bi ni’matillah