Krengseng Kambing

hmmm,..krengsengan kambing ini rasa nasionalismenya muncul banget,…soalnya ada tambahan bumbu petis dalam campuran bumbunya,…^_^

Resepnya dapet dari blognya sajian sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

  • 500 gram daging kambing dipotong-potong
  • 1 sendok makan petis udang
  • 1 buah tomat dipotong-potong
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 3 buah cabai merah besar dibuang bijinya dan diiris serong
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 800 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica
  • 1 cm jahe

 

Cara Pengolahan:

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daging kambing. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan petis udang, tomat, kecap manis, cabai merah, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tambahkan air secara bertahap. Masak sampai matang dan kental.

puding roti marble

 

Resepnya dapat dari blognya teman jiran ,..di jintanmanis,..and dapet info dari sobat jiran malaysia,..ka shida,..yang baik hati,…dan rajin…share to me the cute and interisting link…^_^

Marblenya masih kurang bagus dari yang lihat di blog asal,…tapi rasanya memang yummy,…apalagi pemakaian margarin dalam puding ini,..menambah rasa gurih,…

Fariasi warnapun dapet dimainkan sesuka hati….selamat mencoba,…oya perbandingan 1 cawan=230 ml

Bahan-bahan

4 keping roti
2 biji telur
1/2 cawan susu pekat
170ml susu cair
8gram serbuk agar-agar
1/2 cawan gula – bleh kurangkan
2 sudu besar butter/marjerin (cairkan)
3 1/2 cawan air
2 sudu besar serbuk koko (bleh juga guna choc emulco)

 

 

Cara-cara

1. Didihkan 3 cwn air,serbuk agar2 n gula ke dalam periuk.
2. Blend roti,telur,susu pekat, susu cair dan balance air tadi (1/2  cwn). Kemudian masukkan dalam periuk agar2 yg sudah didih td.
3. Masukkan butter/marjerin dan kacau rata sampai mendidih. matikan api.
4. Bahagi kepada 2. satu adunan biarkan warna asal. dan satu adunan masukkan serbuk koko@choc emulco. kacau cepat2!
5. Tuang ke dalam loyang secara berselang seli. sesenduk adunan asal kemudian sesenduk lagi adunan coklat. ulang hingga habis! ketika melapis@me’marble’kan hendaklah dengan CEPAT sbb puding@agar2 nih mudah sejuk@membeku.
6. Dah siap bolehlah di simpan di dalam peti sejuk sekurang2nya sejam. Enak dmakan ketika sejuk!

 

 

 

 

 

Daging Lapis Jawa

 

Tadinya rencana pingin bikin gepuk, tapi ko agak males, kalo masih harus goreng2 dulu,..maklum hari ini berencana mau ada cooking class bikin cinnamon dan pizza^_^, ya udah akhirnya jadi berubah fikiran jadi buat daging lapis ala wong jowo,..katanya,..jadi hampir sama seperti gepuk,..tak berkuah tapi penampilannya dipercantik karena ada lapisan telur yang menyelimuti daging….hhmmm….mudah2an rasanya juga ok,…maklum lagi shaum,..jadi ga bisa icip2 maksimal,…jadi pake feeling aja,..tabur2 bumbu perasanya…^_^

Resepnya dapet dari blognya resep masakan indonesia…tapi agak dimodif sedikit…

BAHAN :

  • 750 g Daging sapi bagian paha
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica hitam,..
  • 50 g margarin
  • 5 siung bawang putih, cinsang
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar, cincang
  • 500 ml air
  • 2 butir cengkih
  • 3 cm kayu manis
  • ¼ butir biji pala, haluskan
  • 3 butir telur ayam, kocok

CARA MEMBUAT :

  1.    Iris daging tipis melintang serat. Potong-potong ukuran 4×6 cm.
  2.     Pukul-pukul sesetiap irisan daging dengan pemukul daging hingga melebar dan tipis.
  3.     Aduk rata kecap manis, garam, dan merica.
  4.     Lumuri setiap irisan daging dengan campuran kecap hingga rata.
  5.     Lelehkan margarin, tumis bawang putih dan bawang Bmbay hingga layu.
  6.     Masukkan irisan daging selembar demi selembar sambil aduk hingga berubah warna dan kaku.
  7.     Tuangkan air, tambahkan cengkih, kayu manis dan pala, Masak hingga daging setengah matang.
  8.     Angkat daging dari wajan, ukur kaldu sebanyak 350 ml. jika kurang tambahkan air panas.
  9.     Jerangkan kaldu kembali hingga mendidih.
  10.     Celupkan setiap iris daging kedalam telur kocok, masukkan ke dalam kaldu mendidih.tuang sisa kocokan telur
  11.     Masak hingga daging lunak  dan kuah habis. Angkat.(dalam sesi ini,..aku masak pake presto seeitar kurleb 10 menit.

Selamat mencoba…:)

Baso Tahu

Baso tahu namanya,…kalo kata ibu2 PIS,…mirip dengan siomay atau kalo digoreng bisa jadi batagor deh…^_^, enak dimakan dengan sambal kacang, atau saos sambel,..atau juga dengan air cuko..

Bahan:

  • 1 kg ayam ( bisa juga dicampur dengan udang, dgn perbandingan sesuai selera,..misal udang 250 gr, ayam 750 gr)minced
  • Tepung kanji 125 gr
  • Bawang putih lumatkan
  • Merica 1 sdm
  • Garam, gula,
  • Minyak wijen 1 sdm
  • Telur 1 butir
  • wortel parut memanjang
  • Daun bawang dan seledri iris halus
  • kulit tahu, sesuai kebutuhan

Cara:

  1. Ayam yang sudah dihaluskan dicampur dengan garam, gula, bawang putih, merica, minyak wijen dan telur, lalu aduk hingga rata
  2. Masukkan tepung kanji, aduk lagi
  3. Masukkan bahan sayuran aduk hingga rata, siap dimasukkan dalam kulit tahu
  4. kukus, selama kurang lebih 15 menit, bila sudah matang goreng sebentar dalam minyak panas (bisa juga langsung dimakan tanpa digoreng)
  5. Siap dinikmati dengan aneka sambal cocolan

Malbi daging Sapi

Harum,….Gurih …..Nikmat….hhmmm

penampilannya mirip semur, tapi lebih kaya rempah, pertama kali kenal masakan ini, dari bu dokter gigi,…yang pandai memasak mba Dece, yang memang asli orang Palembang,..karena ternyata konon kabarnya, malbi adalah masakan khasnya palembang.

Banyak ragam dan cara,  memasak makanan ini, ada yang bumbunya ditumis telebih dahulu, atau langsung diungkep seperti halnya cara memasak yang aku gunakan, ikut cara masak sang ibu, kalo lagi masak semur…:), ada jg yg memberikan tambahan cabai dan kelapa parut sangrai , guna memperkaya rasa….hhhmmmm…..
Bahan:

  • 500 gram daging sapi, dipotong tebal 1 cm
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 50 ml kecap manis
  • 3 butir cengkeh
  • 2 cm kayumanis
  •  Garam, gula, penyedap jika suka
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 500 ml air
  • 3 sendok makan minyak

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 1 sdt  jintan
  • Jahe 1 ruas jari
  • 1 sdt Merica hitam

Cara membuat:

  1. Setelah daging dicuci masukkan semua bumbu, aduk hingga daging terlumuri bumbu.
  2. Masak dengan panci presto selama kurleb 10 menit, bka ttp panci, teruskan memasak dengan api kecil, hingga bmb meresap ke dalam daging dan air menyusut
  3. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan tumisan irisan cabai.

Es teler

Rasanya manis, seger, dan gurih karena tedapat campuran susu plus santan di dalamnya, takaran bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan :))

Bahan dan cara pembuatan

  • kacang hijau masak sepeti biasa dengan campuran gula merah/putih dan beri daun pandan agar harum,bila kulit kacang sudah terbuka masukkan santan/susu fresh, masak lagi hingga mendidih dan matang, dinginkan
  • Agar putih 1 bks rebus dengan takaran air sesuai petunjuk dalam bngkusnya campur dengan sedikit gula dan essen strawberi sampai mendidih, bekukan, lalu potong dadu
  • Alpukat kerok dagingnya
  • Susu kental manis coklat
  • Essen vanila
  • masukkan semua bahan  kedalam bubur kacang hijau, sesuaikan rasa manisnya masukkan dalam kulkas atau beri campuran es batu, siap dinikmati,……slurrppp

Kolak Biji Salak

 

Bahan :

  • 1000 gr ubi jalar aku pake kabocya/labu kuning
  • 100 gr tepung kanji
  • 1 sdt garam
  •  air, untuk merebus ubi
  • 400 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • air, untuk membuat kuah

 

Kuah: masak hingga mendidih 500 ml santan, dari 1 butir kelapa 1/2 sdt garam 3 lembar daun pandan

1.Kukus ubi jalar/kabocya sampai matang, kupas kulitnya hingga bersih, lalu lumatkan/haluskan selagi panas, dinginkan.

2. Ambil 3/4 bagian dari ubi jalar/kabocya, campur bersama tepung kanji dan garam, aduk rata. Buat bentuk bulat-bulat kecil, seperti biji salak, sisihkan.

3. Didihkan air dalam panci, masukkan biji salak ke dalamnya. Masak hingga mengapung, angkat, tiriskan, sisihkan.

4. Masak gula merah, gula pasih dan garam bersama air hingga larut, angkat. Bila perlu saring air gula ini, lalu jerang kembali di atas api. Masukkan sisa ubi jalar ke dalamnya, aduk rata dan masak terus hingga mendidih, masukkan biji salak, angkat.

5. Pindahkan bubur biji salak ke dalam wadah saji, hidangkan dengan kuah santan.