Bebek Goreng

Dikasih Tips masak bebek sama mba Anis nysa…dan di iyakan juga sama mba yayas,…yang dua2nya sama2 wong jowo, dan penyuka berat daging bebek….katanya kalo mo masak bebek diawalnya harus berani ngerendam tuh bebek dengan jeruk lemon yang banyak dan juga garam, supaya bau amisnya ilang, setelah itu dicuci yang bener2 ampe bersiiih banget, cuma aku lupa bumbunya apa…yo wis di reka2 sendiri aja akhirnya, yang aku inget tips dari mba anys, kalo pas mau dinikmati tuh bebek, saat makannya, nasinya disiram sama air ungkepan si bebek tadi, di jamin rasanya maknyuss..banget, saking maknyusnya…mertua lewatpun tak keliatan….uuppss…ini kata mba anys lho…heheheh…piss yo mba…but…jujur mba…iming2nya membuat hatiku lumer juga untuk memberanikan diri mendaratkan daging bebek ini di lidahku…..aaarrrrgggghhh

Bumbu ungkepannya: Bawang putih, bawang merah, ketumbar,merica,jintan,pala,kunyit, semua dihaluskan, lengkapi dengan salam,sereh,lengkuas,jahe,dan daun jeruk, beri garam,gula,dan penyedap…dan air. Ungkep bebek dalam panci presto selama kurang lebih 30 menitan…..setelah itu goreng deh

Dihidangkan dengan sambal kemiri, plus lalaban, aku bikin juga lalab terong goreng yg sebelumnya dibubuhi dengan bawang putih halus, garam dan penyedap…siap disantap hangat2…hhhmmmm….enak rek ternyata daging bebek….seratnya besar2 seperti daging sapi….jujur seumur hidup baru kali ini ngerasain daging bebek

Spesial Thank..buat mba aniys dan mba yayas yg udah share tentang cara masak bebek…dan juga buat mba wulan sang pengelola DDH,…yang sudah ingat sama aku untuk nawarin daging bebeknya….Kalo ada lagi jngn sungkan2 tuk nawarin aku lagi yaaaak mba yu…hehehe…bebeeekk…bebeeek…bebeeeek…bebeekkk…wekwekwekwekwek….

Udang Goreng Krunchy

Nah udang yang ini juga gampang buatnya, kenapa aku suka udang…karena selain rasanya enak..ngolahnya juga ga terlalu rumit, kali ini juga udangnya dimasak model gampangan.

pertama udang dikupas kulitnya dicuci bersih lalu dibubuhi garam merica dan bawang putih yang dihaluskan serta keceran jeruk lemon, diamkan kkurleb 30 menitan, setelah itu beri tepung beras, aduk2 hingga terbalut rata menutupi body udang…..

Goreng deh dalam minyak panas berapi sedang hingga kecoklatan….

Tahu Telur Saus Kacang

Bahan:

  •   Tahu, potong dadu 1 cm
  • 3 buah telur, kocok
  • Tauge
  • Seledri iris halus
  • Minyak goreng
  • Garam dan merica secukupnya

Untuk sambalnya:

  •  bawang merah, iris halus
  •  bawang putih, cincang halus
  •  petis udang
  •  gula merah yang sudah diiris halus
  •  kacang goreng
  •   Kecap manis
  •   Air
  • garam dan merica secukupnya

Cara membuat :
Taoge dibersihkan dan rebus sebentar dengan air panas. Telur kocok dibubuhi garam dan merica, masukkan tahu kedalamnya. Panaskan minyak sedikit dan goreng adonan tahu telur di wajan teflon hingga matang dan kering kecoklatan.

Buat saus kacangnya:
Panaskan minyak di atas wajan tumis irisan bawang merah dan putih dan cabe rawit,angkat. Ulek atau blender kacang goreng, ke dua bawang, dan cabe rawit.Tambahkan air, petis, kecap manis, garam, merica.Aduk sampai rata.

Penyajiannya:
Taruh dadaran telur tahu dalam piring, simpan toge diatasnya, taburi dengan sausnya, dan bubuhkan seledri diatasnya.irisi ketimun, siap dinikmati, tambahkan dengan kerupuk sebagai pelengkap, o ya tips menurut bu dina…my friend yang asli wong jawa timur, katanya lebih enak kalo bawang putihnya dihaluskan dalam keadaan mentah, nda usah digoreng dulu….so..sesuai selera aza yaaak…

Udon Kuah Dashi

Seneng banget sama udon kuah khasnya jepang, diicip2 dirasa2, akhirnya memanfaatkan stok bumbu yang ada dirmh, taraam, jadilah udon kuah dashi ini, rasanya mirip ko sama racikan mi instan udon, atau yang ada di rak pendingin dalam kemasan…yang suka di jual di toko2,…tapi maaf ya kalo ternyata salah…kalo lidahku nganggap ini sama..atau hampir miriplah…

Coba2 nyampur saus kikoman sama dashi,plus ditambahin air, terus didihkan deh diatas kompor, tambahin garam gula biar rasanya pas sesuai selera….pas dicoba…mirip sama saus udonnya khas jepun…hihihi…..bisa makan udon murah meriah nih….

Udon disimpan dalam mangkok..husss..ga boleh ngomong mnagkok katanya kalo di jepun…Cawan azz…soalnya mangkok artinya saru…^_* disimpan dalam cawan maksudnya, siram pake kuah, kasih kulit tahu yang udah direndam sebentar dalam kuah dashi taburi deh pake katsuo bushi, atau ikan kering yang di serut tipis,…hhmmm….slurrp….siap disantap….yammy…pake bubuk cabe berempah khasnya jepun,,,jadi tambah lebih seger…

Opor Ayam Belitung

Resepnya hasil copy paste dari blognya mba nisa mufty….enak banget nih…mantap surantap..hehe..

bahan :

* ayam
* salam
* serei
* asem
* santen
* garam
* gula merah
* kayu manis
* penyedap kalo suka

bumbu yg dihaluskan :

* kemiri yg banyak
* kunyit
* bawang merah
* bawang putih
* kencur
* lengkuas
* jahe
* cabe merah dan cabe rawit (kalo ga suka pedes bisa diilangin)
* ketumbar
* merica

cara :

* tumis bumbu yang udah dihaluskan sampe harum, masukkan daun salam, serei, gula merah, garam, ayam aduk-aduk tunggu sampe ayam berubah warna.
* masukkan santan kental. gunakan api kecil. tunggu sampe airnya agak menyusut atau macak-macak.
* hidangkan dengan nasi hangat
* selamat mencoba

Ikan Balado

Jarang2 makan ikan, karena si abi ga terlalu suka ikan, tapi kali ini lagi pengen banget makan ikan, yo wis keidean bikin balado ikan, makannya bareng lalaban ketimun, lumaya nikmat.

Pertama ikan dicuci bersih lalu rendam dengan garam dan air perasan jeruk lemon atau bisa juga cuka,diamkan kurleb 30 menit, lalu goreng hingga kering

Bumbunya seperti biasa halnya bumbu balado, ditambah daun jeruk salam dan jahe aja supaya bau amisnya ilang  , tumis hingga harum, terus masukin deh iklan gorengnya, aduk2 , kalo dah mateng angkat ya, …^-^

Tauge Goreng Seadanya

Imposible disini bisa makan tauge goreng yang sama persis kaya klo kita jajan di Indo, kecuali ada yg bawain oleh2 oncom gitu lho…^_^ berhubung kangen sama makanan yg satu ini, yo wis dibuat seadanya aza,pake miso bukan tauco, karena rasa dan bahan dasar pembuatannya pun sama, sama2 dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan.sayang sekali lagi ga punya stok kerupuk….lebih nikmat pastinya klo ditambah pelengkap yang satu ini

Bahan

  • Mie kuning
  • Lontong
  • Toge
  •  Oncom (aku ga pake)
  • Tahu digoreng kuning kecoklatan
  •  Kucai (aku pake daun bawang)

Kuah:

  • Cabe rawit plus cabe merah di haluskan
  • tomat iris
  • 5 sdk mkn tauco kuning aku pake miso
  •  Bwg merah iris halus
  •  bh bwg putih haluskan
  •  3 bh daun bawang
  • jeruk lemon


Cara membuat kuah;

  • tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan plus cabe hingga harum
  • masukkan tauco,tambahkan tomat,aduk, setelah agak layu masukkan air , masak sampai mengental.
  • tambahkan kecap-jeruk lemon,siap dihidangkan,